Momen Hardiknas, IISBUD Bangun Kerjasama dengan Universitas di Malaysia
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

Momen Hardiknas, IISBUD Bangun Kerjasama dengan Universitas di Malaysia

BIMABANGKIT
Kamis, 02 Mei 2019


Sumbawa, Lensa Pos NTB - Sejak dua hari yang lalu Miftahul Arzak, S.Ikom., MA selaku Rektor Institut Ilmu Sosial dan Budaya Samawa Rea telah mengunjungi beberapa kampus di Malaysia dan di akhir kunjungannya Mifta mengunjungi Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia untuk membangun kerjasama di bidang pendidikan, diantaranya mengirim beberapa dosen IISBUD untuk berkuliah di UPSI, Mengembangkan Pilot Project terkait Kurikulum diantara kedua Universitas Tersebut serta Kerjasama di bidang riset dan konferensi Internasional. 

Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional di Indonesia, Kerjasama dengan UPSI Malaysia dibangun. Selain itu, di sela-sela membangun kerjasama, Mifta pun turut memperkenalkan Budaya Sumbawa. Beberapa di antara yang hadir pun turut menyimak dan tertarik untuk mengunjungi Sumbawa. Di dampingi oleh Adi Pranajaya, Sutrada Asal Sumbawa Mifta bertemu dengan Prof. Sahandi Ghani Timbalan Naib Conselor Akademik dan Antar Bangsa, Prof Zaharul Pengarah IMC Fakulti Muzik dan Seni Persembahan, Dr Fazil Timbala Dekan Akademik dan Internasional Fakulti Muzik dan Seni Persembahan beserta beberapa pengajar di UPSI. Prof. Sahandi Ghani Timbalan Naib Conselor Akademik dan Antar Bangsa (Wakil Rektor) menyampaikan bahwa kerjasama ini harus segera dimulai, kita harus mempermudah kerjasana antara Universitas dan Negara dan kita akan lakukan dengam IISBUD, bahkan kita coba konsepkan pertukaran Dosen dan Pelajar diantara kampus kami" Jelasnya.

Menanggapi pernyataan tersebur, Mifta menargetkan tahun ini IISBUD akan mengirim dosennya ke UPSI, tidak hanya untuk melanjutkan studi saja, melainkan juga terkait kerjasama konferensi dan menyiapkan tim untuk Pilot Project Kurikum. Pada awalnya kami mengonsepkan kerjasama antara Fakultas Ilmu Budaya IISBUD, yang di dalamnya terdapat Program Studi Seni Musik, Seni Tari, Sastra Indonesia dan Ilmu Sejarah untuk bekerjasama dengan Fakulti Seni Musik dan Persembahan disana, namun kerjasama kami perluas setelah berdiskusi dengan pimpinan UPSI dengan mengirim beberapa dosen di luar prodi tersebut, Jelas Mifta.  Institut Ilmu Sosial dan Budaya Samawa memiliki 3 Fakultas. Fakultas Hukum yang memiliki Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Ilmu Sosial yang di dalamnya terdapat Program Studi Ilmu Pemerintahan dan Program Studi Sosiologi serta Fakultas Ilmu Budaya yang memiliki Program Studi Sastra Indonesia, Program Studi Ilmu Sejarah, Program Studi Seni Musik dan Program Studi Seni Tari. (TIM)